Menyikat gigi memang memiliki manfaat di kehidupan sehari-hari. Dengan menyikat gigi kita dapat membersihkan kotoran dan sisa makanan yang tertinggal. SD Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto menyadari tentang perlunya untuk memberikan edukasi mengenai sikat gigi anak sejak dini. Dengan mengajarkan sikat gigi sejak usia dini ada berbagai manfaat tumbuh kembang yang didapat. Salah satu faktor seorang anak mengalami pertumbuhan yang baik tidak hanya dilihat dari pertumbuhan tinggi dan berat badan saja. Melainkan kemampuan anak berjalan dan pertumbuhan gigi ikut andil dalam pertumbuhan anak.
Hari Kamis-Jumat tanggal 14-15 febuari 2019 anak-anak level 1 mengadakan acara bertema “Gigiku Bersih Senyumku Keren“ acara ini dibantu oleh empat dokter muda dari El Dental Purwokerto. Acara ini dibuka dengan pemeriksaan gigi anak bersama dokter serta penyuluhan tentang edukasi anak untuk menyikat gigi dengan baik dan benar. Anak anak kelas 1 sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini. Manfaat yang lain dari kegiatan ini adalah mengajarkan kebiasaan baik pada anak. Dengan pengetahuan tentang kesehatan gigi meningkat anak cenderung lebih mudah untuk menggosok gigi jika dibandingkan dengan anak yang tidak dibiasakan gosok gigi oleh orang tuanya .
Maka dari itu kami selaku TIM UKS SD AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH 01 Purwokerto bekerja sama dengan EL Dental Purwokerto beharap acara ini dapat memberikan dampak positif untuk perkembangan anak dan memberikan edukasi serta motifasi kepada anak tentang pentingnya menjaga gigi sampai anak kelak dewasa. Sekian terimakasih. (Heni)