Home » Berita » GALI SPIRIT MELALUI MABIT

GALI SPIRIT MELALUI MABIT

images

Dalam mengakhiri semester gasal tahun ajaran 2014/2015, SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto mengadakan kegiatan malam bersama seluruh ustadz. Kegiatan yang semacam ini biasanya dikenal dengan mabit atau malam bina iman dan taqwa.

Di semester kali ini, mabit terlihat berbeda dari sebelumnya. Biasanya, mabit dilaksanakan di masjid-masjid di daerah Purwokerto dan sekitarnya. Namun kali ini mabit dilaksanakan di tempat yang berbeda, yaitu di kebon jambu Baturraden.

Kenapa memilih tempat di Baturraden? Menurut ustadz Alex Nanang AS, S.Fil.I selaku kepala sekolah, sebagaimana diketahui, Baturraden adalah daerah pegunungan yang memiliki pemandangan indah dan suasana yang masih sangat asri. Pemilihan tempat ini bertujuan agar para peserta mabit dapat melakukan perenungan alam ciptaan Allah SWT (tadabbur alam). Menurutnya, tadabur alam adalah salah satu pengamalan salah satu ayat dalam Al Qur’an yang bunyinya: “Dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi” (Q.S. Al ‘Imran ayat 191).

Kegiatan mabit ini diantaranya diisi dengan kajian serta renungan yang disampaikan oleh ustadz Salimuddin, Lc. Dalam pemaparannya, para peserta mabit diajak untuk mengevaluasi diri. Selain itu, peserta juga dimotivasi untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. “Banyak dari kita yang sudah mengetahui ilmu-ilmu agama, namun tidak sedikit pula dari kita yang masih jarang dalam mengamalkannya, untuk itu, ke depan, tugas kita bukan hanya mengilmui agama, tapi juga mengamalkannya dan ikhlas dalam pengamalan,” lanjutnya.

Di sepertiga malam terakhir, para peserta mabit melaksanakan shalat sunah qiyamullail dan kemudian dilanjutkan shalat shubuh berjamaah. Seusai shalat, para peserta membaca dzikir pagi dan murajaah surat-surat pendek yang dipimpin oleh salah satu ustadz. Kegiatan mabit yang dilaksanakan satu malam penuh ini diakhiri olahraga bersama di sekitar kebon jambu.

Tiga hari sebelumnya, sekolah juga mengadakan kegiatan yang sama untuk para ustadzahnya. Hanya saja kegiatan ini berlangsung di sekolah dan tanpa menginap. Kegiatan yang diberi nama bina ukhuwah ustadzah ini memiliki tujuan yang sama dengan mabit yaitu menggali spirit, kebersamaan dan persaudaraan antar sesama ustadz dan sesama ustadzah. (anas)

 

 

 

Motivasi Hari Ini

"Nikmat sehat akan terasa jika kita pernah sakit. Nikmat harta akan terasa jika kita pernah susah, dan nikmat hidup akan terasa jika kita pernah mendapatkan musibah. Musibah adalah awal dari kenikmatan hidup... Bahagianya hidup dengan manisnya iman dan menjadikan allah sebagai tujuan hidup."

"Hidup juga perjuangan. Setiap kita akan dinilai dari apa yang telah kita perjuangkan.. Apa yang sudah kita perjuangkan selama ini?."
HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com