Purwokerto 21, September 2018.

Suasana mendung menyelimuti atap awan di daerah Baturraden tepatnya di lokawisata The Village.  Pagi itu semangat siswa dan siswi kelas 1 SD Al Irsyad 01 Purwokerto tak mau terkalahkan oleh cuaca yang sedikit kurang mendukung. Hingga saat mentari mulai naik ke angkasa, cuaca mulai berubah cerah seiring dengan terus bertambahnya peserta kegiatan outdoor study.

Outdoor study merupakan kegiatan Unggulan di SD Al Irsyad 01 Purwokerto. Dengan tema “Finding 3D Shapes by Exploring Nature”  diharapkan siswa mampu memahami secara konkrit mengenai materi bangun ruang.

Siswa kelas 1 SD masih memiliki cara pemikiran unik yang berbeda dengan siswa kelas tinggi. Mereka membutuhkan gambaran secara nyata tentang materi ilmu pengetahuan. Untuk itu kegiatan outdoor kali ini mengambil lokasi yang mampu memenuhi cara berpikir siswa kelas 1.

Kegiatan dimulai dengan pembuka yaitu bacaan basmallah serta murojaah ayat suci Al Qur’an yang diikuti oleh seluruh siswa. Selanjutnya siswa diarahkan untuk berkeliling mengunjungi tempat dimana terdapat bangun bangun ruang yang sesuai dengan materi buku tematik. Diakhiri kegiatan,  siswa membuat karya bangun ruang menggunakan plastik untuk selanjutnya bisa mereka bawa pulang ke rumah.  Kegiatan berakhir,  seluruh siswa merasa senang dan bersyukur bisa mendapatkan ilmu baru dari kegiatan outdoor study ini. (Rian)