Tahun 2018, SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto berhasil mempertahankan prestasi gemilangnya mempertahankan peringkatnya di posisi teratas pada Ujian Sekolah di Kabupaten Banyumas untuk keempat kalinya berturut-turut. Berkat kerja keras dan kerjasama seluruh elemen SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto , terutama Tim di kelas 6, dibawah pimpinan Ustadz Slamet Nuryanto, S.Pt. Selaku wakil kepala sekolah di kelas 6. Segala daya upaya dan jerih payah selama ini seakan terbayar lunas dengan turunnya pengumuman resmi dari Dinas Pendidikan Banyumas tentang peringkat Ujian sekolah.
Peringkat 1 dari 815 Sekolah Dasar yang ada di Banyumas merupakan kebanggaan tersendiri bagi keluarga besar SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01. Namun tidak menjadikan sombong dan berpuas diri, justru malah harus berusaha lebih keras lagi untuk mempertahankan dan meningkatkan lagi prestasinya. Sehingga mampu mengantarkan sekolah unggulan di Purwokerto ini berbicara di tingkat yang lebih tinggi lagi, yakni Propinsi atau bahkan Nasional.
Perolehan nilai Ujian Sekolah yang dicapai oleh SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto adalah sebagai berikut Rata-rata Bahasa Indonesia 91,66, rata-rata Matematika 90,52, rata-rata IPA 91,47, dengan rata-rata sekolah 273,65. Nilai tertinggi Bahasa Indonesia 9,8 diraih oleh 5 orang siswa. Nilai tertinggi Matematika 100 diraih oleh 3 siswa. Nilai tertinggi IPA 98,00 diraih oleh 16 siswa. 6 siswanya masuk kedalam peringkat 10 besar kabupaten. 3 peringkat tertinggi diraih oleh ananda Vanya Praba Wulandari dengan total nilai 292,5, Aisha Rahma Nadhifa total nilai 290,8, dan Daffa Faiq Aji Satriya total nilai 290,5.
Ustadz Alex Nanang Agus Syifa, S.Fil.I M.Pd selaku Kepala Sekolah, mengatakan prestasi sekolah adalah hal yang harus disyukuri dengan cara mempertahankan dan meningkatkannya. Oleh karena itu menjadi tugas kita bersama untuk mewujudkannya. (Imalia DI)