Ekskulvaganza, Gelaran Ekskul dan Semarak Berprestasi

SD Al Irsyad 01 Purwokerto kembali mengadakan pertunjukan spektakuler yang bertajuk ekskulvaganza, ekskulvaganza merupakan pameran ekstrakulikuler yang dipertunjukkan sekaligus acara pembukaan ekstrakulikule. Ekskul di Sd Al Irsyad 01 diadakan rutin setiap hari Sabtu untuk memfasilitasi bakat-bakat dan minat siswa yang kemudian akan dibina dan diarahkan pada pencapaian prestasi.
Acara yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 3 Agustus 2019 merupakan acara tahunan yang biasa dilakukan pada awal tahun ajaran. Kegiatan ini iramaikan oleh ratusan siswa dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 dan juga seluruh karyawan SD Al Irsyad 01 Purwokertoacara yang dimaksudkan untuk memfasilitasi siswa dalam memilih ekskul diisi berbagai kegiatan seputar ekstrakulikuler yang disediakan pihak sekolah agar dapat memberikan gambaran jelas tentang pilihan ekstrakulikuler.
Ekskul vaganza ini diawali dengan doa dan zikir kemudian karnaval dengan menggunakan pakaian dan membawa peralatan/perlengkapan yang telah disesuaikan dengan pilihan ekstrakulikuler sambil mengitari jalan sekitar sekolah, kemudian dilanjutkan dengan penampilan ekstrakulikuler yang dibuka oleh ustad Alex Nanang Agus Sifa, S.Fil, M.Pd selaku kepala sekolah yang memberi sambutan sekaligus mempertunjukan kemampuan bela diri dan memanah kemudian dilanjutkan penampilan-penampilan seperti Taek kwon do, karate, pencak silat, kempo, sepak bola, badminton dan berbagai penampilan lainnya yang ditampilkan langsung oleh atlet- atlet yang terdiri dari siswa-siswa maupun klub pelatih dan pameran prestasi agar dapat memotivasi para siswa agar terus berprestasi.
24 cabang ekstrakulikuler unggulan telah disiapkan untuk memfasilitasi dan mengembangkan bakat dan minat siswa melalui pembinaan. Kegiatan ini terbukti efektif untuk meningkatkan potensi siswa dalam mengembangkan potensi diri terbukti dengan banyaknya perolehan prestasi selama satu tahun sebanyak 327 kejuaran dari tingkat kabupaten sampai tingkat internasional dari berbagai cabang ekstrakulikuler pada tahun ajaran 2018/2019, dan harapannya prestasi siswa akan terus meningkat ditahun tahun selanjutnya. Aamiin (Gita)