Menyambut datangnya hari Anak Nasional, yang diperingati setiap tanggal 21 Juli, SD Al Irsyad 01 Purwokerto menggelar pertunjukkan special untuk anak-anak Indonesia. Ektrakurikuler adalah salah satu bidang unggulan yang ingin ditonjolkan oleh sekolah unggulan di Purwokerto. Seluruh siswa harus tersalurkan minat, bakat dan prestasinya pada bidang yang tepat. Maka digelarlah pertunjukkan 24 cabang ekskul yang bertujuan selain untuk memperkenalkan ekstrakurikuler yang ada juga untuk menarik minat siswa untuk mengukir prestasi pada jalur yang dipilihnya.
Pertunjukkan ektrakurikuler bertajuk Ekskul Vaganza ini mengambil tema “Kreatifitas tanpa Batas” di gelar di alun-alun Purwokerto dengan melibatkan seluruh elemen sekolah, dari siswa, guru dan karyawan serta walimurid. Walhasil ribuan massa memadati sekitar panggung pertunjukkan pada hari Sabtu, 21 Juni 2018, yang menyajikan ekskul dengan kemasan sangat menghibur.

Konsep entertainment ini dimaksudkan agar siswa serta siapapun yang menyaksikan pertunjukkan ini menjadi tertarik dan ingin tahu lebih jauh mengenai SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto.
Dibuka dengan penampilan gebyar pembuka “Meraih Bintang” seluruh penonton dibuat terkesima dengan pembukaan yang spektakuler. Dalam sambutannya Ustadz Alex Nanang Agus Syifa, S.Fil I, M.Pd bahwa setiap anak itu unik dengan bakat dan potensinya masing-masing, semua anak adalah juara pada bidangnya masing-masing, oleh karenanya tugas sekolah adalah menyalurkan minat, bakat dan prestasi siswa pada jaluir yang sesuai, tugas pendidik adalah mengarahkan dan mendampingi siswa dengan bintangnya sendiri-sendiri. Keseluruhan rangkaian pertunjukkan ditutup dengan pertunjukkan salah satu cabang ekskur unggulan yakni Taekwondo.

Selama jalannya acara seluruh penonton dibuat tak berkedip menyaksikan penampilan demi penampilan yang di antarkan dengan apik oleh duet pembawa acara yang bersemangat. Hingga tak terasa pertunjukkan pun berakhir dengan meninggalkan kesan dan semangat berprestasi yang mendalam. (Imalia DI)