Rabu, 10 September 2019 – Level 2 SD AL Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto melaksanakan kegiatan Busines day yang diselenggarakan disetiap tahunnya. Hal ini dikarenakan SD Al Irsyad ingin mengjarkan anak untuk berdagang karena belajar tidak melulu tentang materi atau teori saja. Praktek ataupun terjun langsung dapat menyalurkan apresiasi siswa dalam kegiatan belajarnya contohnya kegiatan seperti busines day ini. Selain itu berdagang adalah salah satu kegiatan yang dianjurkan oleh Rasululloh. Dengan berdagang dapat mengjarkan berbagai hal, kejujuran, ketelitian, dan lelahnya mencari pendapatan.

Para siswa level 2 secara bergantian menjadi seorang penjual, tentunya dengan pendampingan dari para ustadz dan ustadzahnya. Siswa dari level lainya yaitu level 1-6 yang menjadi pembelinya.
Kegiatan busines day dilaksanakan di aula lantai dua yang disulap menjadi kantin dengan berbagai macam jajaran. Para pembeli harus siap dan rela antri untuk mendapatkan jajanan yang dibelinya. Sungguh begitu meriah acara busines day level 2. Busines day juga merupakan salah satu kegiatan yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua siswa dan guru. Mereka dapat menemukan jajanan yang variatif sperti bakso, roti bakar, sosis bakar, es krim, mendoan, dan masih banyak lagi.


“Selain melatih jiwa intrepreneurship, busines day ini juga sangat bermanfaat dalam mengasah kemampuan siswa antara lain kemapuan berhitung seperti penjumlahan, pengurangan, dan perkalian, pengetahuan tentang uang, jiwa pantang menyerah dengan mempromosikan daganganya kepada teman-teman adik kelas maupun kakak kelas ketika jam istirahat, ada juga pembelajaran fiqih tentang bagaimana adab jual beli dalam islam.” Demikian penuturan ustadzah Endang selaku waka level 2 disela-sela kegiatannya.