Sebanyak 151 siswa kelas VI mengikuti kegiatan ‘Discipline Day’ pada Sabtu, 20 Juli 2019. Bertempat di KODIM 0701 Banyumas, siswa-siswi kelas VI SD Al Irsyad 01 Purwokerto belajar tentang kedisiplinan bersama tujuh orang anggota Kodim.

Acara dibuka dengan serah terima siswa dari sekolah kepada petugas KODIM, diwakili oleh Slamet Nuryanto selaku Wakil Kepala Sekolah kelas VI dan Serma Soekiman, pemimpin tim pengajar pada kegiatan tersebut. Sebelum memulai kegiatan baris-berbaris, Serma Soekiman menyampaikan kepada siswa bahwa melalui kegiatan baris-berbaris anak-anak dapat berlatih kedisiplinan, jiwa korsa, dan jiwa kebangsaan.

Selama sekitar satu jam, siswa kelas VI melatih kosentrasi mereka dalam mengikuti aba-aba, kekompakan, dan lain-lain. Dengan sabar tim pengajar berpesan kepada mereka untuk selalu fokus. Meskipun hari tampak mendung dan sesekali gerimis kecil turun, siswa kelas VI tetap bersemangat mengikuti kegiatan sampai selesai.

Setelah istirahat lima belas menit, kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan lingkungan KODIM dan wawasan persenjataan. Tiga pengajar mempraktikkan cara menyandang senjata saat berbaris dan menjelaskan jenis senjata yang mereka bawa serta kegunaannya. Acara diakhiri dengan atraksi menembak yang memukau para siswa.