DOWNLOAD BUKU

Motivasi Hari Ini

"Nikmat sehat akan terasa jika kita pernah sakit. Nikmat harta akan terasa jika kita pernah susah, dan nikmat hidup akan terasa jika kita pernah mendapatkan musibah. Musibah adalah awal dari kenikmatan hidup... Bahagianya hidup dengan manisnya iman dan menjadikan allah sebagai tujuan hidup."

"Hidup juga perjuangan. Setiap kita akan dinilai dari apa yang telah kita perjuangkan.. Apa yang sudah kita perjuangkan selama ini?."

Program Level

1| 2| 3| 4| 5| 6|

Tugas Online

Link Pendidikan

Pengunjung

7901
Visit Today : 9
Visit Yesterday : 23
Total Visit : 7901
Who's Online : 1

Belajar Dari Lingkungan

Setiap detik yang kita lewati ada hikmah yang bisa kita petik dan amalkan untuk kehidupan kita. Semua hal disekitar kita bisa menjadi pembelajaran bagi yang mau berusaha menemukan kebaikan dan selalu berusaha memperbaiki diri. Tidak harus di kelas, tidak harus dari guru, tidak harus dengan buku, belajar bisa dimana saja. Inilah yang ingin ditanamkan oleh SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto sebagai sekolah unggulan, bahwa dimana saja dan kapan saja adalah sekolah dimana kita bisa menuntut ilmu.
Outdoorstudy yang diikuti oleh 149 siswa-siswi level 3 dan didampingi oleh 17 ustadz-ustadzah diselenggarakan pada hari Selasa, 7 Agustus 2018 bertempat di edu farm desa Purbadana grumbul Cingkrang Kecamatan Kembaran Banyumas. Kegiatan yang disambut dan diantarkan dengan sangat ramah oleh Kepala Desa Purbadana, Bapak Warsito ini mengemas sebuah pembelajaran yang holistik. Pembelajaran yang menyeluruh ini diharapkan mampu menumbuhkan jiwa pembelajar anak terhadap apapun yang ditemui di lingkungan sekitarnya pada kehidupannya sehari-hari. Berikut ini adalah pembelajaran yang bisa diajarkan dan ditanamkan pada seluruh siswa pada kegiatan ini:
Pertama, menumbuhkan kemandirian anak. Kemandirian pada diri anak dipupuk dengan menyiapkan persiapan untuk out doorstudy. Teknisnya, sebelum pelaksanaan outdoorstudy guru sudah mensosialisasikan terlebih dahulu tentang penyelenggaraan kegiatan tersebut lengkap beserta apa yang harus didispkan oleh para siswa. Dirumah ananda diminta mengecek apakah semua yang perlu disiapkan dan dibawa sudah di lengkap. Untuk siswa kelas tiga denga rata-rata usia berkisar antara 8-9 tahun, agenda pengecekan ini tentu saja masih melibatkan peran orang tua, namun bisa dijadikan momen pembelajaran bagi ayah-bunda semua yang ingin anandanya menjadi pribadi yang mandiri, dengan cara tidak endominasi, beri sedikit ruang untuk ananda menyiapkan perlengkapannya sendiri.
Kedua, menumbuhkan kedisiplinan anak. Siapa yang tidak ingin anaknya atau siswanya mempunyai karakter mandiri? Tentu saja semua orang tua dan guru menginginkan anknya atau muridnya menjadi anak-anak yang mempunyai disiplin tinggi. Sebab karkter disiplin ini melekat pada orang-orang yang sukses, semua ingin anak-anaknya menjadi orang sukses bukan. Karakter kedisiplinan dalam kegiatan outdoorstudy ini ditanamkan melalui ketentuan siswa sudah harus hadir di sekolah sebelum pukul 07.00 karena seluruh angkot yang akan membawa rombongan siswa kelas tiga menuju lokasi outdoorstudy di edufarm desa Purbadana stand by tepat pukul tujuh. Acara pun dimulai tepat pukul tujuh, tidak ada alasan menunda acara, semua berjalan sesuai time table yang disepakati bersama.
Ketiga, menumbuhkan jiwa religiusitas anak. Pada saat persiapan sebelum keberangkatan, seluruh siswa dikumpulkan dihalaman sekolah untuk berdoa bersama, beberapa nasihat-nasihat diberikan oleh ustadz dan ustadzah yang mengarahkan. Ditanamkan kepada seluruh siswa bahwa segala sesuatu harus diawali dengan doa, meminta pada yang maha memberi, agar diberika kelancaran dalam kegiatan serta yang paling penting diberikan kebarokahan dari ilmu yang dipelajari. Walhasil seluruh siswa pun menunduk khusyuk berdoa kepada Allah sang maha segalanya.
Keempat, menumbuhkan rendah hati dan tidak sombong. Sikap rendah hati dan tidak sombong ditanamkan kedalam jiwa-jiwa muda penerus bangsa melalui kegiatan ini dengan cara pemilihan kendaraan yang digunakan menuju lokasi outdoorstudy. Menjadi pertimbangan tersendiri ketika memilih angkot untuk membawa seluruh peserta outdoorstudy, dibandingkan menggunakan kendaraan walimurid yang jauh lebih mewah dan lebih nyaman. Diharapkan dengan mengendarai angkot ini siswa minimal pernah merasakan naik angkot beramai-ramai bersama teman-temannya. Sebuah keasikan tersendiri bisa berbagi satu kendaraan bersama 15 teman dan 1 ustadz/ustadzahnya. Perjalananpun dilakukan dengan riang gembira, sepanjang perjalanan.
Kelima, menumbuhkan jiwa ketertiban dan kerapihan dari yang kecil. Dalam mengemas kegiatan, diperhatikan betul-betul setiap detilnya bahkan sampai hal-hal yang remeh yang terkadang luput dari perhatian. Seperti antri dalam naik ke sepuluh angkot yang disediakan, setiap kelompok naik ke angkot satu persatu tanpa saling mendahului. Kemudian, ketika sampai di lokasi transit yang merupakan teras masjid, siswa diarahkan untuk meneta sepatunya serapi mungkin dan masuk dengan tertib.
Keenam, menanamkan sikap penghargaan terhadap orang lain. Sikap penghargaan terhadap orang lain perlu ditanamkan dan dibiasakan sedari kecil agar anak-anak tidak tumbuh menjadi pribadi yang egois dan egosentris. Penanaman sikap ini dilakukan dengan cara mengarahkan siswa untuk mendengarkan dengan baik ketika ada orang yang sedang berbicara di depan. Kemudian menjaga sikap dan adab-adabnya ketika kita sedang berada di tempat orang. Bisa menempatkan diri sebagai tamu di hadapan tuan rumahnya.
Ketujuh, menanamkan sikap peduli lingkungan. Satu lagi pembiasaan di setiap kegiatan yang dilakukan oleh sekolah yakni siswa diminta membawa plastik kresek ukuran sedang yang fungsinya untuk menyimpan dan membuang sampah, baik dari sampah bungkus yang dibawanya maupun sampah yang ditemukan di lokasi kegiatan. Ini menjadi standar operasional procedure untuk setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah. Hali ini dilakukan agar siswa terbiasa bertanggung jawab terhadap lingkungannya dimulai dari hal yang kecil, dimulai dari diri sendiri dan dimulai dari sekarang.
Kedelapan, menanamkan adab makan dan minum yang baik. Pada kegiatan tersebut selain anak-anak belajar di peternakan dan ladang jagung, mereka juga menikmati produk hasil peternakan dan ladang jagung tersebut. Di akhir acara bersama-sama dengan ustadz-ustadzahnya beserta tim dari usaha tani dan bapak kepala desa Purbadana menikmati susu sapi dan jagung rebus. Pada saat kegiatan makan dan minum ini, siswa diingatkan kembali mengenai adab-adab makan dan minum yang baik, seperti membaca Basmallah, makan menggunakan tangan kanan, menghabiskan makanan, tidak mencela makanan, mengambil makanan dari yang terdekat dan lain sebagainya.
Kesembilan, menanamkan kepada anak belajar bisa sambil refreshing. Tujuan dari diselenggarakanya kegiatan outdoorstudy selain agar anak mengalami suasana pembelajaran yang berbeda juga untuk memberikan penyegaran atau refreshing untuk anak. Diharapkan dengan pebelajaran yang seperti ini anak-anak bisa fresh lagi dan bersemangat lagi untuk belajar lebih banyak.
Kesembilan penanaman pembiasaan baik dalam kegiatan sekolah ini tidak akan berhasil dengan baik tanpa bimbingan, arahan dan teladan dari ustadz-ustadzahnya yang luar biasa. Jazakumulloh khoiron katsir kepada TIM LEVEL 3 yang luar biasa dibawah pimpinan Ustadzah Maftuchah Zein, S.Psi selaku Ketua Panitia Outdoorstudy Level 3. Ada Ustadzah Rusminah, S.Pd.Sd, Ustadzah Kamila Fikroh Azizah, S.Pd.I, Ustadzah Hasnah Nur Hidayati, S.Ag, Ustadzah Anggraini, S.Pd.Sd, Ustadzah Fifin Tri Wahyuni, S.Pd, Ustadzah Kurnia Rahayu, S.Pd.Sd, Ustadz Syaifudin Mughni, S.Pd.I, Sri Lestari, S.E., Ustadzah Nurul Mei Sasiana, S.Pt, Ustadzah Ika Nur Budiasih, S.Si, Ustadz Ari Nur Hidayat, S.Kom, Ustadz Eggi Juli Hidayat, Ustadz Ade Kristanto, dibantu oleh Ustadz Bayu Samudra, S.Pd dan Ustadz Monti Novianto, S.Pd selaku guru olah raga yang turut mendampingi kegiatan (Imalia DI)

Diposkan oleh pada tanggal 10 Aug 2018. Dalam kategori Berita. 17 views. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry
HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com