Bangun Team Building dan Problem Solving melalui Outbond

tesa

Purwokerto – Setelah menanti sepekan lamanya, tibalah saatnya level tiga SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto berout-bond ria bersama. Tepatnya pada tanggal enam september dua ribu empat belas lalu, sejumlah seratus lima puluh lima siswa berangkat dari rumah masing-masing dengan suka cita menuju Tesa out bond yang berlokasi di daerah Beji, tak sabar dapat bermain dan menikmati wahana per wahana yang disediakan, antara lain; flying fox, team building, aneka game kerjasama, menangkap ikan, tubing atau dikenal juga dengan arung jeram mini dan berenang.

Di tengah keasyikan ber-out bond, siswa pun dapat mempelajari hikmah dari kegiatan yang dilakukan. Melalui penjelasan ustadz Rahmat, siswa dapat memahami bahwa pada flying fox, tali yang digunakan untuk sampai di tujuan adalah tali atau kawat yang lurus dan kuat. Demikian pula dalam menjalani kehidupan ini, seorang muslim harus memiliki pegangan yang kuat, yakni tali agama Alloh untuk mencapai kebahagiaan, dengan berdasarkan Al Quran dan As sunnah untuk memperoleh ridho Allah subhaanahu wa ta’aala. Begitu pula dengan permainan yang lain, terdapat hikmah di setiap kegiatan yang dilakukan.

Keceriaan dan riuh semangat semakin bertambah di bawah cahaya matahari yang hangat. Beberapa tantangan harus dilewati diantaranya siswa harus berdiri di atas bangku kecil bersama dan tidak boleh ada yang terjatuh atau menyentuh tanah, semua siswa harus saling berpengangan. Melalui permainan ini siswa diajak untuk memiliki semangat berbagi dan saling tolong-menolong.

Wahana selanjutnya adalah memindahkan beberapa bola dengan ukuran yang berbeda ke dalam ember menggunakan kedua kaki berjejer satu kelompok. Melalui permainan ini siswa dilatih untuk cermat, bersabar dan bekerjasama. Dan beberapa wahan lain juga dilakukan untuk melatih kerjasama tim dan pemecahan masalah. Semua siswa mengikuti kegiatan dengan antusias.

Wahana berikutnya adalah menangkap ikan, meskipun bermandikan lumpur, para siswa tak takut dan justru berebut turun ke kolam. Asyiknyaaa… Alhamdulillah. Dapat tak dapat, tetap semangat! Dan yang paling mengasikkan adalah mencoba permainan tubing  atau arung jeram mini. Siswa harus menaiki perahu karet dan menjaga keseimbangan. Suasana ceria semakin kentara apalagi bermain di air sungai yang sangat jernih. Maka akhir pekan pun menjadi cerita yang menyenangkan dan bermakna. Inilah ceritaku, bagaimana ceritamu?