DOWNLOAD BUKU

Motivasi Hari Ini

"Nikmat sehat akan terasa jika kita pernah sakit. Nikmat harta akan terasa jika kita pernah susah, dan nikmat hidup akan terasa jika kita pernah mendapatkan musibah. Musibah adalah awal dari kenikmatan hidup... Bahagianya hidup dengan manisnya iman dan menjadikan allah sebagai tujuan hidup."

"Hidup juga perjuangan. Setiap kita akan dinilai dari apa yang telah kita perjuangkan.. Apa yang sudah kita perjuangkan selama ini?."

Program Level

1| 2| 3| 4| 5| 6|

Tugas Online

Link Pendidikan

Pengunjung

0249
Visit Today : 1
Visit Yesterday : 1
Total Visit : 249
Who's Online : 1

BANGUN KREATIFITAS MELALUI PEMBUATAN HANDY CRAFT

P1150848

            Metode pembelajaran yang dikembangkan oleh SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto dalam kegiatan belajar mengajar tampaknya semakin variatif. Sesuai dengan kurikulum 2013 peserta didik diharapkan dapat  menguasai pengetahuan dan ketrampilan secara seimbang. Hal ini agar  peserta didik tidak hanya menguasi materi dan teori saja tetapi juga memiliki ketrampilan yang dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam mengembangkan ketrampilan peserta didik di ajak untuk membuat handy craft dua dimensi dan tiga dimensi yang luar biasa dengan memanfaatkan bahan yang ramah lingkungan. Kegiatan membuat handy craft bertujuan untuk mengembangkan kemampuan motoriknya. Peserta didik diajak untuk membuat hiasan kupu-kupu, miniatur meja dan kursi dari stik es krim, menghias tong sampah dengan teknik sablon, berbagai macam karya flanel dan berbagai pernak-pernik dengan hiasan mutiara plastik.

Dibawah bimbingan wali kelas dan asisten, siswa kelas 1 diajak membuat tempat pensil dari barang bekas. Pertama anak-anak menjiplak contoh kupu-kupu yang sudah disediakan, menggunting, dan menghias. Selanjutnya hiasan kupu-kupu ditempel dikaleng bekas yang dihias dengan kertas karton.Lucu dan indah bukan? Sedangkan anak – anak kelas 2 membuat handy craft yang sedikit lebih rumit dan dalam pengerjaannya harus lebih sabar, lebih ulet dan lebih telaten. Mereka membuat miniatur kursi dan meja yang dibuat dari stik es krim. Miniatur ini dikemas dengan cukup menarik sehingga cocok untuk menjadi hiasan diruang tamu, kamar tidur dan ruang keluarga.

Sesuai dengan tujuan mata pelajaran SBDP pada kelas 3, peserta didik diharapkan mampu mewarnai dengan teknik sablon. Oleh karena itu handy craft yang dihasilkan oleh peserta didik kelas 3 adalah melukis ember bekas cat dengan teknik sablon yang akan dimanfaatkan sebagai tong sampah. Sebelum menyablon anak-anak diajak untuk mengecat ember bekas cat warna putih, sambil menunggu cat kering peserta didik diajak membuat pola yang akan disablon diember dengan menggambar pada kertas asturo setelah itu kertas dilubangi agar dapat dicat. Jika ember sudah kering dan  pola sudah barulah mewarnai ember bekas dengan teknik menyablon dengan berbagai pola dan hasilnya luar biasa indahnya.

Kelas 4 dan 5 membuat berbagai macam handy craft dari kain fanel. Kain fanel adalah kain yang mudah untuk dibuat berbagai macam pernak-pernik, dengan kreasi anak-anak kelas 4 dan 5 peserta didik memanfaatkan kain fanel untuk membuat bros, gantungan kunci dan membuat hiasan toples yang hasilnya semuanya sangat cantik dan tidak kalah dengan yang dijual dipasaran. Sedangkan anak-anak kelas 6 membuat handy craft dengan menyulam dan menyusun mutiara-mutiara menjadi berbagai macam aksesoris ada gelang, kalung, bandana dan bros.

Sesuai dengan misi SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto mengembangkan potensi sumber daya manusia sehingga diharapkan lulusan SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 purwokerto tidak hanya berakhlakul karimah, berwawasan global, berprestasi tinggi tetapi juga memiliki ketrampilan yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan dimasa yang akan datang.

Diposkan oleh pada tanggal 25 Mar 2015. Dalam kategori Berita. 20 views. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry
HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com