Ratusan siswa level 4 mengikuti kegiatan outdoor study di Baturraden (Sabtu 14/19). Batturraden dijadikan tempat pilihan untuk ourtdoor kali ini. Pukul 07.00 siswa sudah mulai berkumpul tepat di depan lokawisata Batturradden. Ustaz ustazah sudah siap menyambut kedatangan siswa di lokasi. Acara yang dibuka oleh Ustaz Apit ini menarik antusiasme siswa, pun saat dilanjutkan sambutan oleh Ustazah Nanik, selaku wakil kepala sekolah level 4, siswa tetap terlihat antusias menyimak. Tak lupa untuk mengawali setiap kegiatan dengan Al Quran, maka kegiatan kali ini pun dibuka dengan murojaah dipimpin oleh Puspa dari 4 An Najm.

Dibawah arahan ustaz Alfian, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan observasi.  Siswa berjalan menuju taman botani untuk melakukan observasi tumbuhan dengan penjelasan dari ustaz ustazah pendamping dengan mengamati dan menuliskan nama tumbuhan,  bentuk pertulangan daun,  dan menggambar bentuk daun dari tumbuhan tersebut. “Ternyata banyak tumbuhan yang belum aku tahu namanya ya ustaz” pendapat Nesya salah satu siswa level 4 saat melakukan observasi.

Observasi ini dimaksudkan agar siswa lebih tahu tentang tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitarnya.  Siswa bersemangat dan antusias untuk mempelajari tumbuhan. Pukul 09.30 setelah siswa selesai melakukan observasi tumbuhan siswa diperbolehkan  untuk bermain air di kolam renang. Siswa-siswa terlihat sangat senang.  Pukul 10.20 siswa mulai bersiap-siap untuk berganti baju dan persiapan pulang dan menikmati kudapan yang telah dibawa masing-masing dan kudapan yang disediakan Ustaz Ustazah. Semoga siswa-siswa lebih semangat belajar setelah outdoor study. Aamiin. (Nafa)