Aku Bisa Menyembelih Sendiri

Gambar310Gambar312

Selasa siang, jam dinding di aula basement SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 lokal selatan menunjukkan pukul 10.00 WIB. Di halaman aula terlihat murid-murid kelas 5 Abu Bakar Ashshidiq sedang menggerombol kedalam 4 kelompok. Sangat mengundang rasa ingin tahu bagi siapa saja yang melihatnya, karena banyak terdengar suara jeritan tidak tega terutama dari murid perempuan. Ada apakah gerangan? ternyata mereka sedang praktik meyembelih ayam, dengan didampingi oleh Ustadz Hasan Suwarto selaku guru pengampu Fiqh.

Murid-murid kelas 5 Abu Bakar Ashshidiq yang terbagi kedalam 4 kelompok ini melaksanakan praktik penyembelihan hewan. Sebelumnya diterangkan oleh Ustadz Hasan, bahwa menyembelih binatang yang dihalalkan merupakan bentuk ibadah kepada Alloh. Oleh karenanya agama kita mengatur cara-caranya, yakni pertama dengan mengucapkan lafadzĀ  Basmalah, menggunakan pisau yang tajam, dan dipotong langsung pada bagian yang mematikan, tepat ditenggorokan.

Setelah selesai menyembelih ayam-ayam tersebut, dilanjutkan dengan praktik selanjutnya, yakni ayam yang sudah mati, di rendam ke dalam air panas kemudian dicabuti seluruh bulu-bulunya. setelah itu dibelah perutnya dan dikeluarkan kotoranya. Semua mereka lakukan sendiri, dengan pendampingan dari guru pendamping tentunya. inilah salah satu bentuk contoh pengajaran yang kontekstual, diharapkan dengan pembelajaran seperti ini murid memiliki kompetensi untuk bisa menyembelih binatang sendiri dan dengan cara yang baik sehingga bernilai ibadah. Subhanalloh, semakin besar harapan kami terhadapmu putra-putri penerus bangsa, asah terus kemampuanmu dengan berbagai bidang ilmu. Semangat! (Imalia)