DOWNLOAD BUKU

Motivasi Hari Ini

"Nikmat sehat akan terasa jika kita pernah sakit. Nikmat harta akan terasa jika kita pernah susah, dan nikmat hidup akan terasa jika kita pernah mendapatkan musibah. Musibah adalah awal dari kenikmatan hidup... Bahagianya hidup dengan manisnya iman dan menjadikan allah sebagai tujuan hidup."

"Hidup juga perjuangan. Setiap kita akan dinilai dari apa yang telah kita perjuangkan.. Apa yang sudah kita perjuangkan selama ini?."

Program Level

1| 2| 3| 4| 5| 6|

Tugas Online

Link Pendidikan

Pengunjung

8068
Visit Today : 13
Visit Yesterday : 50
Total Visit : 8068
Who's Online : 1

Aku Bangga dengan Kekayaan Alam Indonesia (Outdoor Study di Balai Benih Ikan Pandak)

DSC00303Sabtu, 5 April 2014 level IV SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto melaksanakan kegaitan outdoor study. Lokasi kegiatan outdoorstudy di Balai Benih Ikan Pandak Baturraden. Kegiatan diikuti oleh 137 siswa kelas IV dan 12 orang guru. Para peserta mulai berdatangan pukul 06.30 WIB di lokasi disambut oleh ustadz-ustadzah. Setelah semua peserta berkumpul masing-masing wali kelas mendata kehadiran siswa. Alhamdulillah semua siswa hadir dengan membawa perlengkapan masing-masing.
Pukul 07.15 semua peserta outdoor study dengan gembira berjalan menuju halaman kantor Balai Benih Ikan, di sana sudah menunggu beberapa petugas dari Dinas Perikanan dan menyambut dengan ramah. Semua peserta dipersilahkan meletakkan barang-barang pribadinya di gedung yang telah disediakan oleh petugas. Mulai saat itu peserta hanya membawa alat tulis diantaranya pensil/pulpen, alas tulis, serta mengenakan topi.

DSC00326

Setelah semua peserta siap, mulailah kegiatan pertama yaitu observasi atau pengamatan langsung untuk mengidentifikasi/menemukan berbagai sumber daya alat hayati dan non hayati yang ada di lingkungan Balai Benih Ikan. Alhamdulillah lokasi cukup luas sehingga peserta dapat dengan leluasa melakukan pengamatan berbagai obyek. Kegiatan pertama ada pengarahan dari ustadz Rahmat Safari mengenai pembagian kelompok dan lembar kerja siswa. Peserta diminta bekerja secara berkelompok dan menyelesaikan tugas, yaitu menemukan SDA hayati dan non hayati, jenis, ciri-ciri dan manfaatnya.
Serta merta semua peserta berkeliling lokasi sesuai kelompoknya masing-masing. Ada yang mengamati kolam pembesaran, kolam pembenihan, kolam pemijahan, pepohonan yang tumbuh di sekitar lokasi, serta obyek-obyek lain yang menarik. Hampir semua obyek diambah oleh peserta untuk mengidentifikasi SDA hayati dan non hayati. Menariknya di sela-sela kegiatan peserta dipersilahkan oleh petugas untuk memberi makan ikan di kolam yang besar.

DSC00338

Kegiatan kedua adalah wawancara dengan petugas mengenai budidaya ikan. Peserta segera menyiapkan daftar pertanyaan yang akan disampaikan ke narasumber. Para peserta secara bergantian bertanya kepada petugas tentang berbagai macam teknik dalam budidaya ikan diantaranya tentang teknik peeliharaan, pemberian pakan, pencegahan penyakit, reproduksi, sampai kepada kegiatan pemasarannya.
Setelah kegiatan wawancara selesai tibalah kegiatan ketiga yang sudah ditunggu-tunggu oleh peserta yaitu game menangkap ikan. Peserta dibagi menjadi 2 kelompok putri di kolah P-1 dan P-2 serta 2 kelompok putra di kolam P-3 dan P-4. Semua peserta turun ke kolam untuk menangkap ikan dengan berbagai cara. Ternyata menangkap ikan tidak semudah yang dibayangkan, tetapi peserta tidak menyerah dan terus berusaha. Akhirnya semua ikan dapat ditangkap sampai habis dan peserta pulang dengan membawa oleh-oleh ikan, ada yang ingin dipelihara di kolam di rumah, ada juga yang ingin langsung dikonsumsi sebagai lauk. Semoga bermanfaat.

Diposkan oleh pada tanggal 08 Apr 2014. Dalam kategori Berita. 218 views. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry
HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com