Asyiknya membuat media pembelajaran sekaligus belajar menjadi guru di depan teman teman sendiri

Pembelajaran kelas 5 SD Tematik tema 7 “Peristiwa dalam Kehidupan”
Proses KBM ini berbeda 180 derajat dari pada umumnya. Mengapa demikian ? Karena pada proses pembelajaran ini siswa sendiri yang membuat materinya berupa media tempel dengan judul “Benda Padat, Cair dan Gas”. Media ini dibuat bersama sama oleh setiap kelompok. Setiap anak bertanggung jawab pada bagian masing masing kemudian hasilnya ditempel pada kertas asturo sehingga menjadi sebuah materi yang siap untuk dipaparkan di depan temannya sendiri.

Pada pembelajaran ini anak anak timbul kerjasama yang terlihat sangat solid. Bagaimana tidak? Setiap anak dengan anak satu kelompoknya berusaha membuat media yang sangat menarik dengan tangan tangan mereka. Semua saling mengeluarkan pendapatnya agar media kelompoknya menjadi media yang paling bagus dari kelompok lainnya.

Pembelajaran tidak berhenti pada proses diatas. Karena setelah media selesai mereka harus merancang sebuah presentasi yang tentunya mengundang ketertarikan kepada lain kelompok. Disini proses bersaing sehat masih berlanjut. Ketika sebelum presentasi anak anak belajar merancang kata kata agar presentasinya lancar. Ada yang bertugas membuka presentasi, ada beberapa yang menjelaskan materi, dan ada yang menyimpulkan.

Mudah mudahan pembelajaran ini bermanfaat
By. Mu’adz