Sabtu, 02 November 2013, Warna-warni kostum terlihat begitu cetar membahana di SD 01 Al Irsyad Al Islamiyah Purwokerto, khususnya di level VI. Kegiatan yang diikuti oleh siswa-siswadi seluruh level ini Terlihat sangat menarik, mereka memakai berbagai  macam kostum profesi dari berbagai daerah. Ada yang mengenakan pakaian adat dari berbagai macam provinsi, pengacara, kostum ala betawi, kostum para eksekutif muda, pencari berita, bahkan ada yang memakai kostum ala papua serba hitam-hitam. Mereka rela dicoreng-coreng mukanya demi menyemarakkan karnaval Muharram ini. Tidak hanya siswa yang memakai kostum-kostum yang menarik, tetapi juga semua guru di levelnya masing-masing.

Tujuan dari karnaval adalah mengenalkan anak tentang tahun baru Islam yang sering di lupakan oleh masyarakat di era modern ini. Selain itu, menjelaskan kepada masyarakat bahwa bulan Syuro adalah bulan yang bukan untuk dihindari, bukan pula bulan keramat, karena stigma yang ada di masyarakat bulan Syuro sering berkaitan dengan hal-hal yang berbau mistis. Padahal Bulan Muharram adalah bulan untuk berlomba-lomba dalam kebaikan, khususnya peningkatan kualitas ibadah terhadap Allah SWT.

Dengan adanya kegiatan ini, harapannya anak-anak bisa lebih mencintai dan  menghormati datangnya bulan Muharram, karena pergantian tahun Hijriyah adalah sebagai momen untuk perbaikan diri di masa-masa yang akan datang. Hal ini senada dengan yang diungkapkan oleh Ustadz Slamet S,Pt. selaku Waka Level VI “Ini adalah momen yang penting, dimana kita harus melakukan sebuah perubahan diri ke depannya,”ungkapnya.

Mari jadikan tahun baru Muharram ini sebagai ajang untuk berfastabaqul khairat. Hari ini harus lebih baik dari kemarin