3K: Kreasi Kertas Kokoro

Sabtu, 16 Febuari 2019 adalah hari kreatif bagi siswa level 2 SD Al Irsyad 01 Purwokerto. Pasalnya hari ini semua siswa mengikuti kegiatan mengundang tokoh dengan tema “Ayo berkreasi dengan kertas kokoro”. tokoh yang diundang adalah bunda Pupung dari Rumah Olah Tangan.
Sebelum memulai berkreasi, siswa mendapat materi tentang mengubah barang bekas menjadi karya yang indah. Barang bekas disekitar kita ternyata bisa di sulap menjadi barang-barang dengan nilai seni yang menawan. Banyak sekali contoh kerajinan dari barang bekas yang bisa dibuat. Pada kegiatan ini, siswa level 2 berkreasi dari barang bekas berupa kertas yang dibentuk menjadi beraneka model seperti bentuk keropi, boneka, roket dan sebagainya. Hasil karya tersebut dijadikan sebagai hiasan pensil. Kegiatan ini dipimpin oleh Bunda Pupung dan didampingi oleh seluruh guru level 2. Siswa terlihat sangat antusias dan senang dalam berkreasi. Kegiatan ini sesuai dengan pembelajaran yang sedang berlangsung yaitu membuat karya dari bahan dasar kertas.
Menurut Ustadzah Endang Listiangsih selaku waka level 2, tujuan dari kegiatan ini yaitu menumbuhkan imajinasi dan kreativitas sejak dini. Kreativitas penting untuk mengembangkan bakat dan kemampuan individu dalam prestasi hidupnya. Dengan kreativitas tinggi yang dimiliki seseorang maka seseorang tersebut akan mempunyai pengembangan diri secara optimal. Dengan adanya kegiatan ini, siswa diharapkan bisa mengembangkan bakatnya, dan bisa berkreasi tanpa batas serta guru dapat mengantarkan siswa kepada pertumbuhan dan perkembangan prestasinya secara optimal. (Imun)