23 Guru Study Banding ke SD AL IRSYAD 01

DSC_0511

Selasa 28 Oktober 2014, gedung aula SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto ramai dikunjungi oleh 23 guru peserta study banding dari ma’had Nurul Huda Purbalingga. Kunjungan kali ini diketuai oleh ketua rombongan ustadz Dirsan,yang membawa seluruh staff pengajarnya untuk menimba ilmu di SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto. Fokus utama kegiatan study banding ini adalah melihat langsung pembelajaran tartili, salah satu metode unggulan belajar Al-Qur’an di SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto.

Kegiatan ini diawali dengan ramah tamah antar sekolah. Selanjutnya sambutan dari kedua belah pihak dan pemaparan materi tentang cara mengajar Al-Qur’an dengan metode tartili. Sesi tanya jawab berlangsung selama pemaparan materi dari ustadz Rahmat Safari, SP yang memiliki pengalaman enam tahun mengajar Al-Qur’an dengan metode tartili.

Kurang lebih selama dua jam seluruh peserta study banding mengikuti kegiatan di aula, dilanjutkan touring melihat pembelajaran Al-Qur’an-Tartili di sentra- sentra pembelajaran Al-Qur’an. Masing – masing sentra terdiri dari 10/11 siswa. Setelah kegiatan observasi selesai tampak peserta study banding melakukan wawancara langsung kepada guru Al-Qur’an. Sesi terakhir adalah semua peserta kembali ke Aula setelah rehat isoma untuk sharing hasil observasi bersama kepala sekolah SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto,ustadz Alex Nanang Agus Sifa, S.Fil.I