100 GURU AL IRSYAD MELAWAN ARUS

10256646_538321239654381_8349475862671700315_o100 Guru dan karyawan SD Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto lakukan uji nyali melawan arus Banyu Wong, Banjarnegara, Ahad 18 Oktober 2015.

                Pagi dini hari,tepatnya pukul 05.00 ustad dan ustadzah SD Al Irsyad 01 membuktikan kekompakannya dengan rela berkumpul di sekolah untuk bersiap-siap mengikuti kegiatan “sinergi building” di wahana Rafting Banyu Wong Banjarnegara. Meski hari libur yg bisa mereka gunakan untuk bersantai bersama keluarga, namun mereka rela menghabiskan waktu libur mereka untuk kegiatan sekolah. Dengan memakai seragam olahraga dan perbekalan masing-masing, mereka telah siap meluncur ke lokasi  menggunakan 2 unit bus . Sekitar pukul 08.30 rombongan tiba di lokasi rafting. Sejenak menikmati pemandangan yang masih asri dan air sungai yang jernih, membuat rasa tidak sabar untuk berpetualang di atasnya.

Sebelum kegiatan rafting dimulai semua peserta terlebih dahulu melakukan breafing yg dikomandani oleh instruktur rafting wahana tersebut. Hampir semua peserta sangat antusias mendengarkan breafing yang diberikan, tujuannya adalah supaya peserta mengetahui tentang hal apa saja yg harus dilakukan sebelum rafting dan mengantisipasi hal-hal yg tidak diinginkan slama kegiatan rafting berlangsung. Tepat pukul 09.00 semua rombongan telah bersiap utk melakukan kegiatan rafting. Bagi sebagian besar peserta hal ini merupakan pengalaman pertama yang paling berkesan. Jarak tempuh yang harus dilalui para peserta  kurang lebih 14 km dengan melewati beberapa pemandangan tebing, sawah dan perbukitan yg masih sangat asri. Rasa panik dan cemas pun hilang ketika sebagian peserta asik bersenda gurau, saling menyemprotkan air satu sama lain, apalagi dipandu oleh instruktur yg sangat ramah dan berpengalaman.

Banyak hal positif yg bisa kita ambil dari kegiatan ini, diantaranya saling menjaga kekompakan dalam kebersamaan, tdk memandang tua atau muda, miskin atau kaya, yg jelas kita mempunyai misi dan tujuan yg sama, dan kita bersama-sama untuk meraihnya. 3 jam terapung di arus yang deras banyak hikmah yang bisa dipetik untuk menguatkan  ukhuwah Islamiyyah. 100 guru dan karyawan bersatu melawan rasa takut menghadapi tantangan yang datang tak terduga. Seperti perjalanan kehidupan yang harus dijalani dengan penuh keikhlasan dan semangat  untuk mencapai tujuan dengan sukses.

Sekitar pukul 12.00 semua peserta sudah sampai digaris finish yang ditentukan. Jarak yang ditempuh kurang lebih memakan waktu 3 jam. Terlihat semua peserta sangat letih tetapi terlihat juga dalam wajah mereka raut kepuasaan yg sangat luar biasa.

“Kegiatan Sinergi Building ini merupakan kegiatan rutin yang bertujuan untuk meningkatkan ukhuwah diantara SDM “Ujar kepala sekolah, Sudrajat, S.Sos. Bertepatan dengan awal tahun baru Hijriyah, moment ini dirasa efektif untuk menjadikan SDM  lebih unggul sesuai job masing-masing. (Yudo Dwi Purwoko)